Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

say no to drugsBahaya narkoba bagi kesehatan memang banyak sekali melebih bahaya merokok berbagai penyakit dan kecanduan serta disfungsi berbagai organ tubuh yang mematikan siap mengintai.

Narkoba Merusak Fungsi Otak

Sebagian besar bagian otak manusia akan rusak ketika kecanduan narkoba yang membuat berbagai kinerja otak dan fungsinya tidak optimal lagi. Eksperimen pernah dilakukan dengan uji coba terhadap binatang menggunakan narkoba jenis ekstasi. Hasilnya menunjukan bahwa zat yang terkandung dapat merusak sel yang ada di otak. Namun bagaimana tingkat kerusakan pada manusia perlu di teliti lagi. Pada intinya bahaya narkoba untuk otak ini adalah kecanduan yang disebabkannya. Kecanduan mengubah proses patologis biologis yang mengubah pola pikir kesenangan seseorang dan hanya berfokus pada narkoba tersebut. Bahkan pecandu berat akan 1000 kali lebih memikirkan bagaimana mendapatkan barang tersebut dari pada makan dan orang sekitarnya. Narkoba memang sangat merusak otak.

Narkoba Merusak Fungsi Hati

Sangat jelas narkoba dan berbagai jenis obatan dalam dosis berlebihan apalagi yang membuat kecanduan kemungkinan besar akan merusak fungsi hati manusia dan fungsi ginjal. Kecanduan dan konsumsi narkoba secara berlebihan akan menyebabkan penyakit hati seperti sirosis hati yang mematikan. Disfungsi dan kegagalan fungsi hati juga dapat terjadi untuk penggunaan jangka panjang.

Narkoba berbahaya bagi paru paru

Narkoba dapat menyebabkan jaringan yang ada di paru paru dapat menjadi lebih tebal yang dapat menyebabkan sulit untuk bernafas. Sel dan syaraf yang ada di paru paru dapat menjadi rusak karena zat yang terkandung dalam narkotika yang di bawa melalui darah.

Narkoba Berbahaya Bagi Jantung

Narkoba dan sejenisnya akan larut dalam darah yang tentunya di pompa oleh jantung, zat tersebut akan merusak jaringan dan kinerja jantung. Dampak paling berbahaya adalah kegagalan fungsi jantung yang dapat menyebabkan kematian yang disebabkan oleh infeksi pada otot jantung dan pembuluh darah.

Bahaya narkoba untuk kesehatan reproduksi

Sama halnya seperti merokok, narkoba juga sangat berbahaya terhadap organ reproduksi. Narkoba dapat menyebabkan penurunan hormon reproduksi dan penurunan fungsi seksual.

Narkoba Merusak Fungsi Syaraf

Kerusakan sistem syaraf yang disebabkan oleh narkoba dapat membuat orang kejang kejang, pikirannya melayang, dan tidak memiliki kesadaran yang penuh terhadap dirinya. Kerusakan syaraf yang di timbulkan oleh antara lain putusnya syaraf yang menyebabkan penggunanya lebih pasif

Gangguan Haid

Pada remaja khususnya perempuan, penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan kelainan pada masa haid seperti haid tidak teratur dan bahkan dapat menyebabkan tidak mendapatkan haid atau amenorhoe.

Selain untuk kesehatan, bahaya narkoba juga berdampak pada kehidupan pada umumnya yang juga mungkin berdampak pada orang di sekitarnya. (Sumber)

No Responses

Leave a Reply