Menstruasi Sebuah Tanda Kedewasaan

Menstruasi merupakan pendarahan bulanan yang terjadi pada wanita. Bila terjadi menstruasi, artinya rahim sudah siap untuk dibuahi. Darah menstruasi mengalir dari rahim melalui lubang kecil di leher rahim serta melewati keluar dari tubuh melalui Vagina. Kebanyakan periode menstruasi terakhir dari 3 sampai 5 hari.

Apa itu siklus menstruasi?

Ketika menstruasi datang secara teratur, ini disebut siklus menstruasi. Siklus menstruasi yang teratur merupakan tanda bahwa bagian-bagian penting dari tubuh bekerja secara normal. Siklus menstruasi menyediakan bahan kimia tubuh yang penting, yang disebut hormon, untuk membuat tubuh sehat. Hal ini juga mempersiapkan tubuh untuk kehamilan setiap bulan. Sebuah siklus dihitung dari hari pertama periode 1 untuk hari pertama periode berikutnya. Siklus menstruasi rata-rata adalah 28 hari panjang. Siklus dapat berkisar dari 21 sampai 35 hari pada orang dewasa dan dari 21 sampai 45 hari di remaja muda. Naik turunnya kadar hormon selama sebulan mengontrol siklus menstruasi.

Apa yang terjadi selama siklus menstruasi?

Pada pertengahan pertama dari siklus, tingkat estrogen “hormon “ mulai bangkit. Estrogen memainkan peran penting dalam menjaga kesehaant, terutama dengan pembentukan tulang yang kuat dan untuk posisi tubuh kuat seiring bertambahnya usia. Estrogen juga membuat lapisan rahim (rahim) tumbuh dan menebal. Ini lapisan rahim adalah tempat yang akan memelihara embrio jika terjadi kehamilan. Pada saat yang sama lapisan rahim berkembang, telur, atau sel telur, di salah satu indung telur mulai matang. Pada sekitar hari ke-14 dari siklus 28-hari rata-rata, telur meninggalkan ovarium. Ini disebut ovulasi.

Setelah telur telah meninggalkan ovarium, ia bergerak melewati tuba fallopi ke rahim. Kadar hormon meningkat dan membantu mempersiapkan lapisan rahim untuk kehamilan. Seorang wanita yang paling mungkin untuk hamil selama 3 hari sebelum atau pada hari ovulasi. Perlu diingat, wanita dengan siklus yang lebih pendek atau lebih lama dari rata-rata mungkin ovulasi sebelum atau setelah hari ke-14.

Seorang wanita menjadi hamil jika sel telur dibuahi oleh sel sperma pria dan menempel pada dinding rahim. Jika telur tidak dibuahi, ia akan pecah. Kemudian, tingkat hormon turun, dan lapisan rahim menebal adalah dinding rahim selama periode menstruasi.

Bagaimana siklus menstruasi .Apa yang dimaksud dengan periode menstruasii?

Selama masa menstruasi , lapisan rahim menebal dan darah akan runtuh mmengalir keluar melalui vagina. Periode bulanan tidak sama pada setiap bulan. Ini juga berbeda dari periode wanita lainnya. Periode dapat ringan, sedang, atau berat dalam hal berapa banyak darah keluar dari vagina. Ini disebut menstruasi. Panjang periode juga bervariasi. Terakhir dari 3 sampai 5 hari Paling periode. Tapi, mana saja dari 2 sampai 7 hari adalah normal.

Selama beberapa tahun pertama setelah menstruasi dimulai, siklus lama yang umum. Siklus seorang wanita cenderung secara perlahan –lahan menjadi lebih teratur dengan bertambah usia. Sebagian besar waktu, berada pada masa di kisaran 21 sampai 35 hari. (Sumber)

No Responses

Leave a Reply