akbidPendidikan tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan. Dan tujuan Pendidikan Tenaga Kesehatan adalah menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional yang memiliki kemampuan bekerja secara mandiri, mampu mengembangkan diri dan beretika.
Pendidikan tinggi merupakan lembaga pendidikan jenjang terakhir dari hirarki pendidikan formal yang mempunyai tiga misi yang harus diemban, yaitu pendidikan, penelitian dan melaksanakan pengabdian masyarakat atau yang dikenal dengan Tridarma Perguruan Tinggi.
Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan ilmu kebidanan dan menghasilkan tenaga kesehatan Ahli Madya Kebidanan. Untuk menghasilkan  tenaga ahli madya kebidanan yang berkualitas maka Akademi Kebidanan Pemkab Bojonegoro diharapkan dapat mengemban tugas penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.
Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro adalah milik Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro yang menyelenggarakan Pendidikan Diploma III Kebidanan. Lokasi strategis di tengah kota, memiliki fasilitas gedung dengan ruang kelas ber-AC, Laboratorium lengkap, pengajar dan pengelola oleh tenaga –tenaga S1 dan S2 sesuai bidangnya.
Izin penyelenggaraan pendidikan Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, No.354/E/O/2012  tanggal 10 Oktober 2012. Akreditasi Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro berdasarkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 113/E/T/2012, Tanggal 19 Januari 2012, ditetapkan Strata A.
Visi Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro
“Menjadi Akademi kebidanan yang unggul di tingkat nasional sehingga mampu mencetak lulusan dengan keahlian kebidanan yang profesional, memiliki integritas tinggi dan  berdaya saing nasional.”
Misi Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro
1.  Mengembangkan kompetensi Dosen dan Tenaga kependidikan sehingga mampu memberikan pelayanan pendidikan kesehatan yang berkualitas dan menyenangkan.
2.  Mengembangakan Sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi sesuai standar sehingga mampu menghasilkan lulusan yang profesional, berintegritas tinggi dan berdaya saing.
3. Mengembangkan Sarana Pendidikan sesuai dengan Standar Sarana Pendidikan Tinggi sebagai pendukung tercapainya pelayanan pendidikan yang berkualitas dan menyenangkan.
4.  Mengembangkan penelitian kesehatan khususnya bidang kebidanan yang berbasis sosial medis maupun teknis medis sehingga hasil penelitian tersebut bermanfaat secara langsung kepada masyarakat.
5.  Mengembangkan pengabdian masyarakat bidang kesehatan khususnya kebidanan  sehingga hasilnya dapat berperan menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan balita

Tujuan Program D3  Kebidanan Akademi Kebidanan Pemkab Bojonegoro :
1.  Dosen dan Tenaga kependidikan program studi kebidanan mempunyai kualifikasi pendidikan yang sesuai ketentuan sehingga mampu memberikan pelayanan pendidikan kesehatan/ kebidanan yang berkualitas dan menyenangkan.
2.   Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi kebidanan, sehingga mampu mencetak lulusan yang berkualitas, berintegritas tinggi dan berdaya saing.
3.   Sarana dan prasarana Pendidikan kebidanan sesuai dengan standart sebagai pendukung tercapainya pelayanan pendidikan yang berkualitas dan menyenangkan.
4.  Penelitian khususnya bidang Iptek kebidanan berbasis keilmuan, sosial medis maupun teknis medis, sehingga hasilnya dapat bermanfaat terhadap pengembangan/ penemuan baru iptek kebidanan.
5.   Pengabdian masyarakat bidang kesehatan khususnya kebidanan sehingga hasilnya dapat berperan menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan balita.